Cemilan Sehat Untuk Penderita Typus

Cemilan Sehat Untuk Penderita Typus - Tifus atau demam tifoid disebabkan oleh karena adanya infeksi bakteri Salmonella thypi atau Salmonella paratyphi di dalam tubuh. Gejala - gejala yang umumnya timbul jika seseorang terkena penyakit demam tifus, yaitu : demam yang terus meningkat setiap harinya, sakit kepala yang sangat, kelemahan dan kelelahan, nyeri otot, berkeringat, kehilangan nafsu makan, sakit perut, diare atau sembelit, ruam, dll.
Seseorang yang sering terkena demam tifus kemungkinan sering makan makanan atau minum minuman yang kebersihannya tidak terjamin ( jajan sembarangan ) disertai dengan daya tahan tubuh yang sedang menurun. Bakteri penyebab Typus paling banyak ditemukan pada makanan dan minuman yang terkontaminasi bakteri ini.

Maka dari itu, alangkah baiknya jika melalukan poengobatan yang sesuai dan sebisa mungkin mencegah sebelum terjadi atau terserang penyakit tipes ini. Dan jika anda tengah menderita penyakit ini, alangkah baiknya juga memperhatikan dan menjaga makan yang kita konsumsi. Ini bertujuan untuk membantu memulihkan kondisi dan juga membantu menjaga tubuh agar tetap kuat meskipun sakit.

Cemilan Sehat Untuk Penderita Typus
Cemilan Sehat Untuk Penderita Typus - Makanan atau cemilan sehat  yang dapat dikonsumsi oleh penderita demam tifoid harus mengandung kalori dan protein yang cukup dan sebaiknya rendah serat untuk mencegah perdarahan dan perforasi pada usus. Sehingga konsumsi sayur-sayuran berserat sebaiknya dihindari terlebih dahulu. Dapat dilakukan konsumsi bertahap secara perlahan mulai dari cair, bubur lunak, tim, dan kemudian nasi biasa.

Yang perlu diperhatikan adalah bahwa makanan mengandung kebutuhan gizi yang meninggalkan sisa sedikit sehingga dapat membatasi volume feses dan tidak merangsang saluran cerna.

Berikut ini panduan makanan bagi penderita typus:
  • Hindari makanan berserat tinggi dan sedang, susu, produk susu, dan daging berserat kasar, makanan yang terlalu berlemak, terlalu manis, terlalu asam, dan berbumbu tajam
  • Makanan lebih baik dimasak hingga lunak dan dihidangkan pada suhu yang tidak terlalu panas atau dingin agar tidak merangsang pencenaan
  • Makanan lebih baik diberikan sering namun dalam porsi kecil
  • Bila diberikan untuk jangka waktu lama atau dalam keadaan khusus, perlu disertai suplemen vitamin dan mineral, atau makanan formula.
Makanan yang dianjurkan sebagai contoh:
  • Sumber karbohidrat:    bubur/nasi tim, roti bakar, kentang rebus, biscuit.
  • Sumber protein hewani:    daging empuk; hati, ayam; ikan direbus, ditumis, dikukus, dipanggang; telur direbus, didadar; susu maksimal 2 gelas per hari
  • Sumber protein nabati:    tahu, tempe ditim, direbus, ditumis; susu kedelai
  • Sayuran:    sayuran berserat rendah dan sedang seperti kacang panjang, buncis muda, bayam, labu siam, tomat masak, wortel  direbus, dikukus, ditumis.
  • Buah-buahan:    semua sari buah; buah segar yang matang (tanpa kulit dan biji) dan tidak banyak menimbulkan gas seperti pepaya , pisang, jeruk, alpukat.
  • Lemak:    margarin, mentega, dan minyak dalam jumlah terbatas untuk menumis atau mengoles.
  • Minuman:    teh encer, sirup.
  • Bumbu:    garam, gula, cuka, salam, lengkuas, kunyit, dalam jumlah tebatas.
Baca juga : Obat Alami Typus Tanpa Efek Samping
Sekian informasi dari kami tentang Cemilan Sehat Untuk Penderita Typus, semoga bermanfaat untuk kita semua.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cemilan Sehat Untuk Penderita Typus"

Posting Komentar